Site icon berqas

Menggunakan Emoji Sebagai Icon Pada Aplikasi Web

Tulisan ini tidak menjelaskan bagaimana cara menggunakan emoji sebagai icon pada web (bukan tutorial). Tulisan ini menceritakan apa itu emoji dan pandangan penulis terhadap emoji yang dapat digunakan sebagai icon pada aplikasi web.

Fluent UI Emoji, grafis emoji oleh Microsoft

Apa itu emoji dan siapa pemilik emoji?

Emoji adalah gambar digital kecil yang digunakan untuk mewakili emosi dalam komunikasi elektronik. Emoji banyak digunakan dalam pesan teks, postingan media sosial, surat elektornik, dan lain-lain. Ada ribuan emoji berbeda yang tersedia mulai dari ekspresi wajah, objek benda, hewan, tumbuhan, makanan, dan lainnya. Emoji dapat membantu menyampaikan makna dan menambahkan konteks pada pesan tertulis. Contoh emoji yang sering digunakan adalah 😂, ❤️,🙏🏼. Penggunaan emoji pertama kali pada telepon genggam di jepang pada tahun 1990an dan mulai populer digunakan di seluruh dunia pada tahun 2010an setelah diterapkan diberbagai sistem operasi telepon genggam.

Emoji tidak dimiliki oleh satu orang maupun organisasi karena emoji adalah bagian dari Unicode Standard, yaitu sistem yang menampilkan teks dan simbol di komputer. Unicode Standard dikembangkan dan dikelola oleh Unicode Consortium, sebuah organisasi non-profit yang bertanggungjawab memilih dan menstandarkan emoji baru, serta memelihara dan memperbarui emoji yang sudah ada. Unicode Standard menyertakan code point atau nilai numerik untuk setiap emoji yang memungkinkan emoji tampil dengan cara yang sama di semua perangkat dan sistem operasi, namun grafis emoji yang dilihat oleh pengguna tergantung dengan jenis perangkat, sistem operasi, atau platform yang digunakan.

Siapa yang merancang grafis emoji?

Grafis emoji dirancang dan dikembangkan oleh masing-masing vendor emoji sesuai rekomendasi dari Unicode Consortium, vendor emoji merupakan perusahaan atau organisasi yang merancang dan mengembangkan grafis emoji yang ditampilkan pada suatu perangkat, sistem operasi atau platform. Beberapa contoh vendor emoji yang terkenal adalah Apple, Google, Microsoft, Samsung, Facebook, Twitter, dan WhatsApp. Setiap vendor emoji memiliki kebijakan terhadap penggunaan grafis emoji nya masing-masing. ada yang bersifat open source dan ada yang tidak.

#AppleGoogleMicrosoftSamsungFacebookTwitterWhatsApp
NamaApple Color EmojiNoto EmojiFluent UI EmojiSamsungFacebookTwemojiWhatsApp
SumberProprietaryOpen sourceOpen sourceProprietaryProprietaryOpen sourceProprietary
LisensiOpen Font License, Apache-2.0MIT LicenseMIT License,
CC-BY 4.0
KemunculanSemua perangkat dan sistem operasi milik Apple, Telegram appSistem operasi Android, LinuxWindows, XboxSemua perangkat Samsung (TV, Mobile)Facebook web, Facebook android appTwitter, WordPress, Discord, Roblox, dll,Whatsapp web, Whatsapp android app
Tabel Perbandingan Vendor Emoji Big Tech (sumber: emojipedia) per tanggal 1/1/2023

Apa saja proyek emoji yang open source?

Terdapat proyek emoji yang bersifat open source sehingga memungkinkan pengembang aplikasi menggunakan grafis emoji tersebut pada proyek aplikasi yang dibuat dengan tetap memperhatikan ketentuan lisensi yang ada. Contoh proyek emoji yang open source yang masih aktif adalah Noto Emoji, Fluent UI Emoji, Twemoji, dan OpenMoji.

#Noto EmojiFluent UI EmojiTwemojiOpenMoji
Pemilik repositoryGoogle FontsMicrosoftTwitterHfG Schwäbisch Gmünd
VarianColor, monochrome3d, color, flat, high contrastColorOutline color
Jumlah bintang⭐3,1k⭐7,9k⭐16,1k⭐2,7k
Tabel Perbandingan Proyek Emoji yang Open Source (sumber: github) per tanggal 27/6/2023

Kenapa berqas.com pakai emoji sebagai icon?

Alasan berqas.com menggunakan emoji sebagai icon pada web adalah:
1. Cost-free, tidak memerlukan biaya tambahan.
2. Free space, tidak memerlukan instalasi plugin atau pustaka pihak ketiga.
3. Cross-browser compatibility, kompatibel dengan berbagai jenis browser modern.
4. Lightweight, emoji dianggap sebagai teks, sehingga tidak memerlukan resource lebih untuk menampilkan gambar tertentu.
3. User-based style, grafis yang tampil pada layar tergantung pada Sistem Operasi pengguna (iOS, MacOS, Windows, Android, atau Samsung), sehingga style grafis cukup familiar dengan prefensi pengguna.

Dengan menggunakan emoji sebagai icon pada web, berqas.com telah menghemat ratusan dolar karena tidak perlu berlangganan icon premium atau membayar desainer grafis untuk membuatkan icon kustom. Thanks to Emoji.

Apa saja emoji yang dipakai berqas.com ?

Berqas menggunakan 8 emoji sebagai icon pada menu untuk mewakili 8 departemen yang ada di situs berqas.com.

EmojiNama EmojiDepartemen
🧪Test TubeKimia
🐟FishPerikanan
⚙️GearPermesinan
🐄CowPeternakan
🌳Deciduous TreeKehutanan
🪨RockPertambangan
🍞BreadPangan
✈️AirplaneKedirgantaraan
Tabel emoji yang digunakan di berqas.com

Exit mobile version